Breaking News

Tips & Trik Upgrade Ram Laptop

RAM adalah perangkat keras yang digunakan pemrosesan pada perangkat komputer/ laptop / smartphone. Banyak yang sering menanyakan apakah laptop mereka mampu untuk diupgrade ramnya. Berikut tips dari TAG seputar upgrade ram laptop.

Spesifikasi Teknis Laptop
Perhatikan spesifikasi teknis laptop. Biasanya pihak produsen memberikan spesifikasi teknis mengenai batasan maksimal RAM yang bisa dipasang pada laptop. Umumnya untuk laptop dengan ukuran 13 inci keatas mampu menampung RAM sebesar 8-16GB tergantung spesifikasi.


Slot Ram
Hal yang tak kalah penting adalah cek slot ram yang tersedia apakah ada 2 slot atau hanya ada 1 slot saja. Jika ada 2 slot maka sebaiknya menggunakan Dual Channel dan disarankan dengan kapasitas yang sama.


Spesifikasi Ram
Spesifikasi RAM perlu diperhatikan, karena jika tidak akan berpengaruh terhadap performa laptop. Pada mode Dual Channel disarankan menggunakan merk yang sama dengan spesifikasi yang sama. Spesifikasi RAM yang perlu diperhatikan diantaranya :
  • Kecepatan Memori
  • Kecepatan RAM perlu diperhatikan. Untuk prosesor intel generasi ke 3 keatas biasanya menggunakan RAM dengan kecepatan 1600MHz atau PC-12800 dan untuk generasi dibawahnya menggunakan RAM dengan kecepatan 1333MHz atau PC-10600.
  • Voltase
  • Voltase RAM biasanya bisa diketahui dari namanya. untuk DDR biasanya memiliki voltase 1.5 volt sedangkan DDRL adalah versi low voltage dengan voltase 1.35 volt. Untuk laptop model slim biasanya menggunakan DDRL.

No comments

Jangan lupa komennya :D